Berbagai macam disiplin ilmu
membahas tentang al-Qur'an. Ada yang membahas tentang sisi tata bahasa dan
sastranya seperti kitab Balaghah, ada juga yang mengupas tentang isi kandungan
al-Qur'an seperti kitab tafsir. Untuk mempelajari semua itu, menyentuh dan
membawa kitab tersebut tidak bisa kita dihindari. Sementara bagi kita yang
berhadats haram menyentuh al-Qur’an. Bagaimana hukum membawa atau menyentuh
kitab tafsir bagi yang berhadats?
Jawab: Membawa kitab tafsir hukumnya haram, jika al-Qur’an
lebih banyak dari tafsirnya. Mengenai hukum menyentuhnya, menurut Imam Romli
haram, jika yang disentuh hanya ayat al-Qur’annya saja atau sekaligus dengan
tafsirnya, namun ayat al-Qur’annya lebih banyak. Sedangkan menurut Syekh Khâtib
secara mutlak diperbolehkan, apabila ayat al-Qur’an dalam tafsir tersebut lebih
sedikit.
Referensi:
& شرح البهجة الوردية الجزء 1 صحـ : 148 مكتبة
المطبعة الميمنية
حَيْثُ
جَازَ مَسُّ التَّفْسِيرِ فَأَفْتَى شَيْخُنَا الشِّهَابُ
الرَّمْلِيُّ بِأَنَّ الْعِبْرَةَ فِي الْحَمْلِ بِالْجُمْلَةِ فَيَجُوزُ حَمْلُهُ
إذَا كَانَ جُمْلَةُ التَّفْسِيرِ أَكْثَرَ وَفِي الْمَسِّ بِالْمَوْضِعِ
الْمَمْسُوْسِ فَيَحْرُمُ مَسُّ آيَةٍ فِي وَرَقَةٍ تَفْسِيرُهَا أَكْثَرُ وَمَسُّ
تَفْسِيْرٍ فِي وَرَقَةٍ قُرْآنُهَا أَكْثَرُ فَلْيُتَأَمَّلْ اهـ
& حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 42 مكتبة دار الكتب
العلمية
قَوْلُهُ (
وَالْمَسُّ فِي اْلأخِيْرََيْنِ ) وَهُمَا التَّفْسِيْرُ وَالدَّنَانِيْرُ
كَالْحَمْلِ فَلاَ يَحْرُمُ مَسُّ الْحُرُوْفِ عَلَى الدَّنَانِيْرِ وَنَحْوِهَا
مِمَّا ذُكِرَ مُطْلَقًا وَلاَ فِي التَّفْسِيرِ كَذَلِكَ هَذَا صَرِيحُ كَلاَمِهِ
وَبِهِ قَالَ الشَّيْخُ الْخَطِيْبُ وَهُوَ وَاضِحٌ وَقَالَ شَيْخُنَا
الرَّمْلِيُّ بِالْحُرْمَةِ إلاَّ إذَا كَانَ الَّذِيْ مَسَّهُ مُشْتَمِلاً عَلَى
تَفْسِيْرٍ أَكْثَرَ وَفِيهِ نَظَرٌ لاِنَّهُ لَوْ قَصَدَ حَمْلَ الْقُرْآنِ
وَحْدَهُ فِي هَذَا التَّفْسِيْرِ لَمْ يَحْرُمْ وَكَذَا لَوْ قَصَدَ بِهِ
الدِّرَاسَةَ كَمَا مَرَّ اهـ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar