Kotoran yang terdapat pada kuku
mencerminkan kepribadian seseorang. Namun hal itu tidak berlaku bagi petani dimana
kesehariannya tak luput dari bersentuhan dengan lumpur. Apalagi tukang service
yang selalu bergelut dengan oli dan sebagainya. Sahkah wudlunya jika di bawah
kukunya terdapat kotoran yang menghalangi sampainya air ke kulit?
Jawab:
Menurut imam al-Ghazâly, al-Juwainy dan al-Qaffâl tetap sah.
Referensi:
& بغية
المسترشدين صحـ : 22 مكتبة دار الفكر
أَمَّا الْوَسَخُ الَّذِيْ
يَجْتَمِعُ تَحْتَ اْلأَظْفَارِ فَإِنْ لَّمْ يَمْنَعْ وُصُوْلَ الْمَاءِ صَحَّ مَعَهُ
الْوُضُوْءُ وَإِنْ مَنَعَ فَلاَ فِي اْلأَصَحِّ وَلَنَا وَجْهٌ وَجِيْهٌ بِالْعَفْوِ
اخْتَارَهُ الْغَزَالِيُّ وَالْجُوَيْنِيُّ وَالْقَفَالُ بَلْ هُوَ أَظْهَرُ مِنْ
حَيْثُ الْقَوَاعِدُ مِنَ الْقَوْلِ بِعَدَمِهِ عِنْدِيْ إِذِ الْمَشَقَّةُ تَجْلِبُ
التَّيْسِيْرَ فَيُجُوْزُ تَقْلِيْدُهُ بِشَرْطِهِ وَلَوْ بَعْدَ
الصَّلاَةِ اهـ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar